This is featured post 1 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 2 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 3 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 4 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

This is featured post 5 title

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Tugas Softskill : PENGANTAR TEKNOLOGI GAME TUGAS KE-2

0 komentar

Nama : Muhammad Eka B. (54410664)
Kelas : 3IA13
Anggota : Anastasia Debbylia (50410647)
                 Diny Fahmila R. (52410087)
                 Siti Amalia Mufiedah (56410578)

TUGAS 1
1.      Apa yang dimaksud dengan shading
JAWABAN :
Pengaturan pencahayaan pada objek. Pencahayaan disini ada 5 macam, yaitu : point, sun, spot, hemi, area.

2.      Apa yang dimaksud dengan shader
JAWABAN :
Shader adalah sebuah program yang digunakan dalam 3D software tertentu ( softimage ) dalam proses special rendering. Biasanya shader diperlukan untuk memenuhi kebutuhan special effect tertentu seperti lighting effects, atmosphere,fog dan sebagainya.

3.      Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis shader
JAWABAN :
·      Anisotropic adalah material dengan highlight berbentuk ellipse.Biasanya digunakan untuk benda dengan bentuk memanjang.
·      Blin adalah material yang mensimulasikan efek logam.
·      Metal adalah material yang mensimulasikan efek logam.
·      Multi Layer adalah material dengan highlight berlapis dan lebih kompleks dibandingkan Anisotropic.
·      Oren Nayar Blinn adalah material yang sedikit redup dan rata dibandingkan blin,misalnya untuk karpet.
·      Strauss adalah material dengan permukaan metalik atau non metalik,namun dengan pengaturannya yang lebih sederhana dibandingkan jenis lainnya.
·      Phong adalah material dengan highlight bulat dan lebih tajam dibandingkan Blin.  

4.      Jelaskan mengenai BRDF
JAWABAN :
Fungsi Distribusi Reflektansi Bidireksional atau Bidirectional Reflectance Distribution Function (BRDF) diperkenalkan oleh Edward Nicodemus
sekitar tahun 1965. Definisi modern BRDF adalah:
Fungsi merupakan penyempurnaan model reflektansi Lambert dengan tiga model difusi, yaitu model difusi Lambert, Minnaert dan Oren-Nayar.

Masih terdapat model difusi yang tidak termaktub di dalam fungsi, antara lain: 
·         atomic diffusion
·         molecular diffusion
·         tracer diffusion
·         chemical diffusion
·         collective diffusion
·         Eddy diffusion
·         electronic diffusion
·         facilitated diffusion
·         gaseous diffusion
·         Ito diffusion
·         Knudsen diffusion
·         momentum diffusion
·         osmosis
·         photon diffusion
·         reverse diffusion
·         rotational diffusion
·         surface diffusion
·         ambipolar diffusion
·         anomalous diffusion
·         diffusion MRI. 

Surface Roughness Scattering atau Interface Roughness Scattering adalah model difusi Lambert pada partikel bermuatan. Efek ini sangat penting dalam teknologi peralatan elektronika yang mengandung lapisan tipis seperti field effect transistor danquantum cascade laser.
Pada tahun 1991, Paul Heckbertmenggabungkan fungsi distribusi reflektansi bidireksionaldengan:
·         fungsi distribusi transmitansi bidireksional (bidirectional transmittance distribution function), dan
·         fungsi distribusi permukaan hamburan bidireksional (bidirectional scattering surface distribution function)atau subsurface scattering.
menjadi fungsi distribusi hamburan bidirektional (bidirectional scattering distribution function), karena hamburan (scattering) cahayaterjadi tidak hanya pada refleksi tetapi juga pada refraksiantarmukamediumapapun.
Pada umumnya hamburan (scattering) cahayameliputi studi  dari sifat dualisme cahaya sebagai partikel dan gelombang. Beberapa jenis hamburan yang sering dijumpai antara lain hamburan Rutherford, hamburan Bragg atau difraksi, hamburan Rayleigh, hamburan Compton, hamburan Brillouin, hamburan Lorentz-Mie, hamburan Raman.

TUGAS 2
1.      Apa yang dimaksud : ambient, diffuse, specular
JAWABAN :
·      Ambient    : Ambient adalah efek pencahayaan yang telah membaur dengan lingkungan sehingga arah cahaya tidak dapat diketahui, seakan-akan cahaya datang dari segala arah. Efek ini akan mempengaruhi terang atau tidaknya suatu lingkungan yang terlihat oleh mata. Semakin banyak lampu maka ruangan semakin terang, sebaliknya jika lampu sedikit maka ruangan remang-remang
·      Diffuse      : Diffuse adalah pencahayaan yang tergantung dari besarnya sudut yang dibentuk antara sinar dari lampu ke titik tabrak pada obyek dengan normal obyek. Sehingga posisi lampu sangat mempengaruhi efek diffuse ini.
·      Specular    : Specular adalah efek pencahayaan dimana bayangan sumber cahaya terlihat pada permukaan obyek. Efek specular terlihat pada obyek yang mengkilap. Semakin mengkilap permukaan suatu obyek maka makin jelas bayangan sumber cahaya yang terlihat pada permukaan obyek tersebut.

2.            Advanced Transparancy terdiri atas falloff
·         apa yang dimaksud falloff in&falloff out
·         jelaskan mengenai falloff in &falloff out
JAWABAN :
·         Falloff in          : Mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection, dari               titk pusatnya (sub-object terpilih) yaitu bagian tengah (in) objek.
·         Falloff out        : Mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection,dari titk pusatnya (sub-object terpilih) yaitu bagian pnggir (out) objek. 

TUGAS 3

1.            Apa yang dimaksud dengan : texture map, mapping coordinate
JAWABAN :

ü   Texture Map : Kegiatan texture mapping untuk texture maps dapat didefinisikan sebagai sebuah metode untuk menambahkan detail tekstur permukaan (bitmap atau raster image), atau warna yang dihasilkan komputer grafis atau model 3D. Sebuah tekstur maps yang diterapkan (dipetakan) biasanya dipakai untuk permukaan bentuk objek polygon, proses ini mirip dengan menerapkan texture pada kertas berpola kotak putih yang polos.Texture map terdiri dari :
·      Bitmap             : memilih file gambar image
·      Checker           : pola papan catur
·      Marble             : tekstur berupa marmer
·      Gradien           : tekstur dari gradasi tiga buah warna
·      Water               : menampilkan efek air
·      Wood               : menampilkan tekstur kayu



ü Mapping Coordinate :
·      Offset               : menggeser posisi bitmap pada material
·      Tilling              : mengatur duplikasi bitmap pada material
·      Mirror             : mencerminkan bitmap pada material
·      Tile                  : pengkotakkan material
·      Angle               : perputaran material pada objek
·      uv/vw/wv         : orientasi mapping
·      Blur                 : memberikan efek kabur

2.         Buatlah rancangan game yang sangat sederhana
JAWABAN :



3.         Butlah skenario game tersebut
JAWABAN :           
            Game ini merupakan permainan matematis atau teka-teki. Permainan ini terdiri dari tiga bagian atau tiang dengan masing-masing cakram yang berbeda ukuran yang dapat dimasukan pada tiang-tiang tersebut. Dalam permainan ini terdapat aturan yang sederhana yaitu cakram yang besar tidak boleh diatas cakram yang lebih kecil. Permainan ini dasarnya hanya memindahkan tumpukan cakram dari tiang satu ke tiang lainnya.

SUMBER :

TABEL KINERJA KELOMPOK
NPM
NAMA
KINERJA
50410647
Anastasia Debbylia
Mengerjakan tugas 1 nomor 4 dan tugas 2 no 1  
52410087
Dini Fahmila R.
 Mengerjakan Tugas 2 nomor  2 dan Tugas 3 nomer 1
54410664
Muhammad Eka B.
  Mengerjakan Tugas 3 nomor 2 dan nomor 3
56410578
Siti Amalia Mufiedah
 Mengerjakan tugas 1 nomer 1 sampai 3 serta merapihkan hasil pekerjaan teman sekelompok untuk dijadikan satu tulisan


Seputar GAME Online dan Offline

0 komentar

             Kali ini saya akan sedikit membahas tentang GAME. Apa itu Game? Game adalah sebuah permainan, itu ade gw yg SD juga tau klo itu permainan yang bisa dimainin sama mainan-mainan lain...hahaha

                Definisi Game dari wikipedia adalah suatu aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Jadi intinya itu kita melakukan hal yang membuat kita senang baik menggunakan alat maupun tidak, namun disini kita akan sedikit membahas tentang Game yang terdapat pada Komputer yaitu game yang berupa software yang dimainkan pada komputer.

Berikut merupakan definisi GAME menurut para ahli :

- JOHN C BECK & MITCHELL WADE
Game adalah penarik perhatian yang telah terbukti. Game adalah lingkungan pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang menuntut pemecahan masalah secara kolaborasi.

- IVAN C. SIBERO
Game merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati para pengguna media elektronik saat ini.

- FAUZI A
Game merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar pikiran dari rasa penat yang disebabkan  oleh aktivitas dan rutinitas kita.

- SAMUEL HENRY
Game merupakan bagian tak terpisahkan dari keseharian anak, sedangkan sebagian orang tua menuding game sebagai penyebab  nilai anak turun, anak tak mampu bersosialisasi, dan tindakan kekerasan yang dilakukan anak.

- ANDIK SUSILO
Game adalah salah satu candu yang susah  dihilangkan, bahkan ada yang mengatakan bahwa candu game online setara dengan narkoba.

- JOHN NAISBITT
Game merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game memiliki tingkat penceritaan yang tidak dimiliki film.

- ALBERT EINSTEIN
Game adalah bentuk investigasi paling tinggi.

- WIJAYA ARIYANA & DENI ARIFIANTO
Game merupakan salah satu kebutuhan yang menjadi masalah besar bagi pengguna komputer, karena untuk dapat memainkan game dengan nyaman, semua komponen komputernya harus memiliki kualitas yang baik, terutama VGA card-nya.

           Membuat game pada mesin komputer tidak hanya menerapkan logika saja namun juga perlu mesin atau software untuk mengolah game yang kita buat, dengan perkembangan game dengan komputer semakin pesat  makan kebutuhannyapun meningkat seperti game yang menunjukan bagaimana gambar yang dibuat menjadi lebih real/nyata jika kita memainkan nya. Oleh karena itu sudah banyak alat atau software yang digunakan untuk mengolah data pada game tersebut yang biasa disebut Game Engine. Apa itu Game Engine?  berikut saya akan jelaskan sedikit.

             Game Engine berguna untuk membuat game tersebut lebih baik, seperti dalam hal animasi yang pada dasarnya merupakan part-part gambar yang berbeda yang dibentuk menjadi satu, agar tampak seperti hidup dan biasanya itu disebut Render. Tidak hanya untuk merender namun juga kita bisa membuat object yang kita inginkan baik 2D maupun 3D pada Engine tersebut. Pada game yang kita inginkan seperti kenyataan maka perlu adanya perhitungan untuk membuat objek tersebut bergerak seperti kenyataan maka dari itu Game Engine juga bekerja untuk menghitung pergerakan yang inginkan atau yang sesuai dengan kenyataan yang bisa dihitung menggunakan ilmu fisika.

Berikut merupakan Game Engine yang dapat kita tahu :

1. Freeware game engine/open source game engine
Blender, Golden T Game Engine (GTGE), DXFramework, Ogre, Aleph One, Axiom Engine, Allegro Library, Box2D, Build Engine, Cube, Cube 2, DarkPlaces, jMonkeyEngine (jME), Panda3D, Sphere, Unreal Engine.

2. Commercial engines/game engine berbayar (komersial)
Alamo, A.L.I.V.E, BigWorld, DXStudio, Dunia Engine, Euphoria, GameStudio, Jade Engine, Jedi, Medusa, RPG Maker VX, RPG Maker XP, RPG Maker 2003, RPG Maker 95, Vision Engine.


             Setelah kita tahu sedikit seputar game maka kita wajib tahu tentang Game Online dan Game Offline. Apa itu Game Online dan Offline ?
            Game online adalah game yang menggunakan jaringan komputer baik LAN maupun Internet. Game Online sebenarnya banyak orang yang mengartikan berbeda namun, pada dasarnya Game Online merupakan permainan yang dapat berinteraksi oleh pemain lain, bukan komputer. Namun banyak orang juga mengartikan Game Online merupakan Game yang hanya bisa digunakan menggunakan jaringan Internet. Contoh Game Online itu seperti Zynga Poker yang ada pada jejaring social Facebook.

           Menurut Andrew Rollings dan Ernest Adams, permainan daring lebih tepat disebut sebagai sebuah teknologi, dibandingkan sebagai sebuah genre permainan; sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama, dibandingkan pola tertentu dalam sebuah permainan (Rolling & Adams, 2006: 770).

            Lalu bagaimana dengan Game Offline, Game Offline merupakan game yang hanya digunakan pada satu perangkat saja, Game ini tidak bisa berinteraksi dengan pemain lain yang berbeda perangkat, seperti main Solitaire pada windows. Pemain hanya melakukannya sendiri.

             Dari dari sedikit penjelasan tadipun kita bisa tahu apa perbedaan yang paling signifikan pada 2 jenis Game tersebut. Game Online lebih interaktif, karena dia bisa berkomunikas dengan banyak orang yang ada pada game tersebut. Sedangkan pada Game Offline kita hanya berinteraksi dengan komputer saja tidak dengan pemain lain, karena tidak ada pemain lain pada game itu selain pemain itu sendiri.

            ya, mungkin ini sedikit penjelasan saya yang tidak tertata dengan rapih. Namun saya coba menyampaikannya  seperti berinteraksi dengan anda langsung. Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.




Referensi :