Apakah tugas seorang IT wajib mengunakan simulasi?

   Simulasi diciptakan untuk mempermudah untuk membuat contoh atau penerapan yang berdasarkan kenyataan, seperti contoh membuat desain body mobil. Bayangkan jika tidak menggunakan simulasi terlebih dahulu, "berapa banyak material yang akan dihabiskan jika tidak sesuai keinginan serta bentuk yang kurang pas/tepat?", dan pastinya perusahaan tidak ingin mengeluarkan biaya cuma" untuk sebuah design body mobil yang belum jelas bentuknya serta proses itu akan memakan waktu yang sangat lama dibandingkan jika bentuk dari body mobil tersebut telah dimodelkan serta disimulasikan.

    Dalam bidang IT simulasi tidak hanya dalam pembuatan bentuk fisik, namun juga digunakan untuk mensimulasikan bentuk jaringan komputer pada perusahaan maupun pada tempat-tempat umum, bahkan sekolah. Dalam hal ini telah banyak digunakan oleh para praktisi jaringan, yang khususnya para pengguna perangkat jaringan cisco.

      Sebelum mengimplementasikan bentuk jaringan serta peralatan yang dibutuhkan biasanya para praktisi mensimulasikan terlebih dahulu dengan software buatan perusahaan cisco yaitu Packet Tracer. Perangkat lunak ini merupakan perangkat untuk mensimulasikan bentuk jaringan serta konfigurasi yang akan digunakan serta memilih peralatan yang sesuai agar lebih efisien, software ini khusus mensimulasikan perangkat jaringan yang diproduksi oleh Cisco saja.



        Jadi, kesimpulannya simulasi itu wajib dan penting sebelum mengimplementasikan secara real agar lebih efisien.

Semoga sedikit kata ini bermanfaat, Amin.

0 komentar:

Posting Komentar