Perbedaan HTML5 dan HTML4 serta cara mengetahuinya

       Hari ini saya akan mereview sedikit tentang perbedaan dari HTML5 dan HTML4, namun sebelumnya saya juga pernah bahas sedikit tentang Fitur-fitur HTML5 yang mungkin bisa menjadi acuan perbedaan antara HTML5 dan HTML akan tetapi mungkin masih ada keterangan yang tidak tertulis.

Perbedaan Utama pada HTML5 dan HTML4

1. Mark Up
      Beberapa Tag Usang pada HTML4 telah ditiadakan seperti <font> dan <centre>. Fungsi tersebut diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan CSS(Cascade Style Sheet).

2. Error Handling/Penanganan Kesalahan
       Pada HTML4 kita bisa menggunakan kode cacat menggunakan "sup tag", dengan perintah ini kode cacatpun masih bisa dijalankan. Namun jika suatu vendor browser ingin memasuki pasar, maka mereka harus menguji code cacat tersebut jika tidak mungkin hasil pada browser akan berbeda dengan browser lain.

3. Multimedia Feature
        Pada HTML4 jika kita ingin memasukan video maka harus membutuhkan aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Flash Player. Namun pada HTML5 tidak perlu itu lagi karena kita hanya perlu menggunakan <audio> dan <video> itu lebih sederhana bukan, karena pada HTML5 ini menggunakan unsur semantik.

4. API
      Dalam HTML5 memperkenalkan sejumlah API yang membantu dalam menciptakan Aplikasi Web. sebuah API memungkinkan aplikasi web secara offline dan juga untuk mendafarkan diri untuk protokol tertentu atau jenis media serta API yang mengekspos sejarah dan memungkinkan halaman untuk menambah untuk mencegah melanggar tombol kembali.

5. Browser Support
        HTML5 belum menjadi standar resmi dan belum ada browser yang memiliki dukungan HTML5 penuh. Tapi semua browser seperti(Safari, Chrome, Firefox, Opera, Internet Explorer) terus menambahkan fitur HTML5 baru untuk versi terbaru mereka.

Lalu bagaimana cara mengetahui itu HTML4 atau HTML5?
Dalam hal ini mungkin sulit bagi orang yang awan namun ini bisa kita ketahui jika kita melihat sumber laman lalu melihat "DOCTYPE" yang digunakan seperti berikut :
 dari gambar diatas dapat kita lihat "DOCTYPE" dari website yang menggunakan HTML5 tersebut.
 Serta jika menggunakan HTML4 maka "DOCTYPE" seperti dibahaw ini :


       Jadi, HTML5 dikembangkan agar membuat halaman sedikit lebih semantik, namun yang terpenting agar lebih mudah dibaca.

Sekian ringkasan dari saya semoga bermanfaat.


Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar