Objek Pada Java

Java Merupakan Pemrograman Berbasis Objek yaitu dimana kita bisa memanggil Class untuk digunakan dan Class juga sebagai Objeknya.


- Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Kamar, Kambing dan lain-lain.

- Object adalah instance dari class. Jadi, jika class secara umum merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri.
Contoh : Dari class Kamar kita dapat membuat object Mobil, Motor, Apel dan lainlain.


Membuat object
Untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.
Kamar kmr = new Kamar();
kmr adalah object reference dari class Kamar yang akan digunakan untuk mengakses class Kamar. Sedangkan operator new adalah operator yang akan menghasilkan hari sebagai reference ke instance dari class Kamar().

Berikut merupakan Listing Objek pada java yang kami buat :

 Bisa, kita lihat diatas kami membuat class Rumah dan membuat class Kamar sebagai Objek. Jadi, kita menggunakan main pada class Rumah dengan alur seperti "Rumah (memanggil)-> Kamar (terdiri dari) : tampilKamar dan wcKamar".

Dari Listing diatas tadi kita mendapatkan hasil seperti berikut :


Kelompok :
Muhammad Eka Busthomi (http://thomrev.blogspot.com/)
Fikra Rundana (http://fikranatik.wordpress.com/)

1 komentar:

{ Naeli Umniati } at: 16 April 2012 pukul 02.55 mengatakan...

posting tanggal berapa ya?

Posting Komentar