Polymorphism dan Inheritance pada Java

Polymorphism merupakan sakah sifat yang dimiliki java, polymophism adalah method dengan nama yang sama tetapi digunakan oleh objek yang berbeda dalam kelas yang sama. Dalam hal ini "Inputan(StringcCetak)" yaitu inputan untuk tipe data String namun karena kita menggunakan polymorphism  "Inputan(StringcCetak)" juga bisa kita gunakan untuk inputan Integer,Double,Char,Boolean dan sebagainya. Kami berikan contoh sebagai berikut :



Terlihat diatas kami membuat method inputan namun bisa menjadi beberapa tipe data yang bisa digunakan. Setelah anda mencoba menuliskan ini, mengcompile dan menjalankannya maka akan ada hasil seperti berikut :


Setelah anda mengetahui Polymorphism, kini anda harus mengetahui salah satu sifanya juga yaitu Inhertance.
Inheritance merupakan turunan dari base class(kelas dasar) ke derived class (kelas pengikut). Setiap derived class dapat memakai data atau method dari kelas induknya.
Kalau anda masih belum ngerti gini, misal anda punya deklarasi variabel makan di class mamalia terus saya  punya class kuda, nah walaupun saya tidak deklarasi variabel makan, namun saya bisa menggunakannya karena mamalia class induk dari kuda. Kami punya listing seperti berikut :








Terlihat dari listing di atas bahwa pada class ayam menggunakan variabel yang tidak di deklarasikan telebih dahulu tetapi class tersebut bisa menggunakannya karena class ayam merupakan class pengikut yang memiliki induk yaitu class unggas. Setelah anda selesai menuliskan, mengcompile dan menjalankannya maka akan menghasilkan seperti berikut :

Terimakasih yang sudah melihat.
Semoga Bermanfaat !
Kelompok :
Muhammad Eka Busthomi (http://www.thomrev.blogspot.com/polymorphism-dan-inheritance-pada-java)
Fikra Rundana (http://fikranatik.wordpress.com/)

0 komentar:

Posting Komentar