Apakah grafik dipegaruhi oleh budaya atau budaya dipengaruhi oleh grafik


Kali ini kita akan coba membahas tentang grafik, Pengertian Grafik :
            Grafika adalah segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruftanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak. Contohnya adalah: foto, gambar/drawingLine Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teksilustrasi, dan warna.

            Jadi grafik merupakan suatu seni dimana terdapat kombinasi-kombinasi warna, garis, symbol dan lain-lain. Grafik kinipun banyak memiliki macamnya seperti dalam : Foto, Lukisan, bahkan gambar dalam banyak hal. Yang mempengaruhi grafik itu sendiri contoh budaya, setiap budaya memiliki ciri khas yang berbeda seperti symbol contohnya batik. Memang banyak yang bisa membuat batik namun asal muasalnya tidak bisa dihilangkan, batik merupakan ciri khas Negara Indonesia yang sudah banyak orang tau.

            Batik terjadi karena kebudayaan yang awalnya mungkin tidak bisa saya jelaskan, disini terlihat bahwa grafik dipengaruhi oleh kebuadayaan. Batikpun memiliki banyak macamnya di Indonesia ini seperti batik pekalongan, papua dan lain-lain. Namun bukan berarti grafik selalu dipengaruhi tapi juga bisa mempengaruhi.

            Seperti dalam warna karena adanya perkembangan grafik yang global, banyak hal yang dipengaruhinya seperti kebuadayaan di Indonesia dalam batik, tidak hanya warna-warna klasik saja yang terdapat pada grafik namun warna-warna yang modern.




Jadi, Grafik bisa dipengaruhi oleh Kebudayaan dan juga sebaliknya Kebudayaan bisa dipengaruhi Grafik.


Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar